Prajabatan

Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan

Penjelasan pasal 31 Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999, Pasal 5 dan Pasal 7 Peraturan Pemrintah Nomor 101 Tahun 2000 mengatur beberapa hal tentang Pendidikan dan latihan Prajabatan sebagai berikut :

  • Latihan Prajabatan adalah suatu pelatihan yang diberikan kepada CPNS agar ia dapat terampil melaksanakan tugas yang akan dipercayakan kepadanya dan merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS
  • Diklat Prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan,kepribadian dan etika CPNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara,bidang tugas,dan budaya, organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
  • Diklat prajabatan atas 3 (tiga) tingkatan, yaitu
  1. Latihan Prajabatan Tingkat I, yang diikuti Calon Pegawai Negeri Sipil golongan I
  2. Latihan Prajabatan Tingkat II, yang diikuti Calon Pegawai Negeri Sipil golongan II
  3. Latihan Prajabatan Tingkat III, yang diikuti Calon Pegawai Negeri Sipil golongan III

persyaratan dan tata cara mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan Golongan I, golongan II, dan Golongan III adalah sama dengan tahap berikut :

  1. PersyaratanPersyaratan peserta pendidikan dan pelatihan Pra jabatan Golongan I, Golongan II, dan Golongan III :a) berstatus sebagai CPNS yang dibuktikan dengan surat Keputusan pengangkatan sebagai CPNS Golongan I, Golongan II, dan Golongan III.

    b) berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah

    c) umur sesuai dengan ketentuan/ peraturan perundangan kepegawaian yang berlaku

    d) penugasan dari instansinya yang dibuktikan dengan Surat Tugas dari pejabat pembina Kepegawaian instansinya.

    e) Persyaratan-persyaratan lain yang ditetapkan oleh Instansinya untuk mengikuti Diklat Prajabatan Pembekalan Kompetensi Dasar peserta telah mengikuti dan lulus pembekalan kompetensi Bidang yang dibuktikan dengan surat keterangan lulus dari pejabat pembina kepegawaian instansinya.

  2. Pencalonan dan Penetapan

Mekanisme pencalonan dan Penetapan peserta prajabatan CPNS Golongan I, Golongan II, Golongan III :

a) Pembekalan Kompetensi Bidang

(1) Calon Peserta Diklat Prajabatan CPNS Golongan I dan II telah diseleksi administrasi dibuktikan memiliki surat keputusan pengangkatan sebagai CPNS Golongan I atau Golongan II dan memiliki Surat Tugas dari Pejabat Pembina Kepegawaian Instansinya.

(2) Pejabat Pembina Kepegawaian menyampoaikan Calon Peserta Diklat Prajabatan kepada Kepala Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi dengan menprioritaskan terhitung mulai tanggal (TMT) pengangkatan terawal sebagai CPNS.

(3) Pimpinan Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi menetapkan Peserta Diklat Prajabatan CPNS Golongan I dan II dalam Surat Keputusan.

(4) Pejabat Pembina Kepegawaian Bersama Pimpinan Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi menetapkan jumlah dan nama calon peserta untuk mengikuti Pembekalan Kompetensi Bidang.

b) Pembekalan Kompetensi Dasar

(a) Calon Peserta telah diseleksi administrasi dibuktikan memiliki Surat Keterangan telah mengikuti Pembekalan Kompetensi Bidang dari Pejabat Pembina Kepegawaian Instansinya.

(b) Pejabat Pembina kepegawaian menyampaikan Calon Peserta Diklat Prajabatan kepada Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi dengan memprioritaskan terhitung mulai tanggal (TMT) pengangkatan terawal sebagai CPNS dan telah lulusĀ  pembekalan kompetensi bidang

(c) Pimpinan Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi menetapkan Peserta Diklat Prajabatan CPNS Golongan I dan II dalam surat keputusan

(d) Pejabat Pembina Kepegawaian bersama Pimpinan Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi menetapkan jumlah dan nama calon peserta untuk mengikuti pembekalan KompetensiĀ  Dasar.

One Comment

  1. bisakah cpns kemenag diklat prajab di bkdd gowa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *