Penyesuaian Ijazah

Apabila tidak ditentukan lain dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka setiap Pegawai Negeri Sipil yang akan naik pangkat kedalam golongan yang lebih tinggi diharuskan menempuh ujian dinas.

1). TINGKATAN UJIAN DINAS

Pasal 30 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000, Kecuali ditentukan lain dalam peraturan pemerintah ini atau ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d dan penata Tk I, golongan ruang III/d, untuk dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi, disamping harus pula lulus ujian dinas yang dibagi dalam 2(dua) tingkatan :

  • Ujian Dinas tingkat I untuk kenaikan pangkat dari pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d menjadi penata Muda, golongan ruang III/a
  • Ujian dinas Tingkat II untuk kenaikan pangkat dari Penata Tingkat I, golongan ruang III/d menjadi pembina,Golongan ruang IV/a

2). YANG BERWENANG MELAKSANAKAN UJIAN DINAS

Pasal 31 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000, yang berwenang melaksanakan ujian dinas adalah pejabat pembina Kepegawaian dengan ketentuan teknis pelaksanaan diatur Kepala Badan Kepegawaian Negara.

3). YANG BERHAK IKUT DALAM UJIAN DINAS

Yang berhak ikut dalam ujian dinas adalah Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat-syarat sbb :

a. Telah menduduki pangkat Juru Tingkat I golongan ruang I/d, Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d, dan Penata Tingkat I golongan ruang III/d.

b. Telah menduduki pangkat tersebut di atas sekurang-kurangnya2 (dua) tahun

c. Tidak sedang dalam keadaan  :

1. Diberhentikan sementara

2. menerima uang tunggu

3. Cuti diluar tanggungan negara.

4. DIKECUALIKAN DARI UJIAN DINAS

Pasal 32 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan Pasal 32 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, disebutkan Pegawai Negeri Sipil yang dikecualikan dari syarat ujian dinas  :

a. Menunjukkan prestasi kerja yang luar bias baiknya

b. Menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara

c. Diberikan kenaikan pangkat pengabdian karena :

1. Mencapai batas usia pensiun

2. Dinyatakan cacat karena dinas dan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan negeri oleh Tim penguji kesehatan.

d. Telah memperoleh  :

1. Ijazah Sarjana lengkap (S1) atau Diploma IV untuk ujian dinas Tingkat I

2. Ijazah Dokter, Apoteker, Magister (s2), dan Ijazah lain yang setara atau Doktor (S30, untuk Ujian dinas Tingkat I atau ujian dinas Tingkat II.

5. WAKTU PENYELENGGARAAN UJIAN DINAS

a. Ujian dinas diselenggarakan sebelum Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dipertimbangkan kenaikan pangkatnya ke dalam golongan yang lebih tinggi.

b. Apabila ternyata Pegawai Negeri Sipil yang ersangkutan tidak lulus dalam ujian dinas tersebut, maka kepadanya diberikan kesempatan untuk turut dalam ujian dinas tingkat yang sama berikutnya.

6. KETENTUAN TEKNIS UJIAN DINAS

Ketentuan teknis tentang ujian dinas diatur dalam Surat Edaran bersama Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Ketua Lembaga Adiministrasi Negara Nomor 12/SE/1981 dan Nomor 193/SEKLAN/8/1981 tanggal 5 Agustus 1981.

 

 

5 Comments

  1. Salam.

    Mohon info untuk penyesuaian ijazah.

    Terimakasih.

  2. Salam sejahtera. Mohon info apakah pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah akan dilaksanakan di kota palopo tahun ini.
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *