Sekretariat

Sekretariat terdiri dari :
a.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
b.    Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan;
c.    Sub Bagian Keuangan.

Sekretariat Dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas menyiapkan bahan dalam rangka penyelenggaraan dan koordinasi pelaksanaan sub bagian umum dan kepegawaian, perencanaan, pelaporan dan keuangan serta memberikan pelayanan administrasi dan fungsional kepada semua unsur dalam lingkungan Badan.

Sekretariat mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis di bidang umum, kepegawaian, perlengkapan dan aset, perencanaan dan pelaporan, serta keuangan;
  • Pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan di bidang umum, kepegawaian, perlengkapan dan aset, perencanaan dan pelaporan, serta keuangan;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang umum, kepegawaian, perlengkapan dan aset,
  • Perencanaan dan pelaporan, serta keuangan;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan kesekretariatan;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Rincian tugas Sekretariat sebagai berikut :

  • Merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan serta menetapkan kebijakan di bidang umum, kepegawaian, keuangan, dan perlengkapan;
  • Menyusun rencana kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkup Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah;
  • Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian;
  • Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan perencanaan dan pelaporan;
  • Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan keuangan;
  • Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan perlengkapan;
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah;
  • Menilai prestasi kerja para Kepala Sub Bagian dalam rangka pembinaan danpengembangan karier;
  • Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan kesekretariatan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  • Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas menyiapkan bahan, menghimpun mengelola dan melaksanakan administrasi, urusan ketatausahaan Badan meliputi pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, protokol, perjalanan dinas, tatalaksana, perlengkapan, kepegawaian dan tugas umum lainnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang umum dan kepegawaian;
  • Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang umum dan kepegawaian;
  • Pembinaan dan pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang umum dan kepegawaian;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas danfungsinya.

Rincian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai berikut :

  • Menyusun rencana pelaksanaan program dan kegiatan di bidang umum dan kepegawaian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan rumah tangga dan surat menyurat;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan kearsipan;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan keprotokoleran dan perjalanan dinas;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan ketatalaksanaan;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan perlengkapan;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan kepegawaian;
  • Mengelola dan melaksanakan urusan umum lainnya;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Menilai prestasi kerja staf dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier
  • Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.

 

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas menyiapkan bahan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan administrasi perencanaan dan pelaporan.

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang perencanaan dan pelaporan;
  • Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang perencanaan dan pelaporan;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan dan pelaporan;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Rincian tugas Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan sebagai berikut :

  • Menyusun rencana dan jadwal kegiatan operasional tahunan Badan Kepegawaian dan Diklat daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan rencana di bidang kepegawaian dan diklat;
  • Menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan laporan di bidang kepegawaian dan diklat;
  • Mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan di bidang kepegawaian dan diklat;
  • Mengkoordinasikan penyelenggaraan perencanaan program dan kegiatan di lingkup Badan Kepegawaian dan Diklat;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan sub bagian perencanaan dan pelaporan;
  • Menginventarisir permasalahan-permasalahan pelaksanaan program kegiatan
  • Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan;
  • Melaksanakan penyiapan bahan dan penyusunan  RKA, DPA, LAKIP, RENSTRA dan RENJA;
  • Menilai prestasi kerja staf dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas menyiapkan bahan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan administrasi keuangan atau penatausahaan keuangan meliputi penyusunan anggaran, verifikasi, perbendaharaan,  pembukuan dan pelaporan keuangan.

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang keuangan;
  • Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di bidang keuangan;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang keuangan;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan

Rincian tugas Sub Bagian Keuangan sebagai berikut :

  • Membuat rencana operasional program kerja sub bagian;
  • Mempersiapkan bahan-bahan dan menyusun rencana kebutuhan anggaran di lingkungan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Membuat daftar usulan kegiatan;
  • Membuat daftar gaji dan melaksanakan penggajian;
  • Menyiapkan proses administrasi terkait dengan penatausahaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Melaksanakan perbendaharaan keuangan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan rencana anggaran untuk periode lima tahunan dan tahunan;
  • Mengelola dan melaksanakan verifikasi anggaran;
  • Mengelola dan melaksanakan pembukuan dan pelaporan keuangan;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan SubBagian Keuangan;
  • Melaksanakan pengendalian tugas pembantu pemegang kas;
  • Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *