Program dan Kegiatan

A.    PROGRAM DAN KEGIATAN LOKALITAS KEWENANGAN SKPD

Program merupakan kumpulan dari rencana kegiatan yang akan dilaksanakan secara nyata, sistematis, dan terpadu guna mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

Adapun Program dan Kegiatan yang Merupakan Kegiatan yang merupakan Lokalitas SKPD adalah :

  • Pelayanan Administrasi Perkantoran
  • Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  • Peningkatan Disiplin Aparatur
  • Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  • Peningkatan Pengmbangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja
  • Pendidikan Kedinasan
  • Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  • Pembinaan dan Pengembangan Aparatur

Agar program tersebut mencapai tujuan dan sasaran sebagaiamana yang diinginkan, maka ditetapkan kegiatan Tahun 2010-2015 sebagai berikut :

  • Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, indikasi kegiatannya adalah :
    • Penyediaan Barang, Jasa dan Peralatan dalam Pelaksanaan Rutinitas Administrasi Perkantoran.
    • Penyediaan biaya jasa aparatur serta biaya administrasi, koordinasi serta biaya lainnya yang mendukung kelancaran tugas Pokok dan Fungsi.
  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, indikasi kegiatannya adalah :
    • Pengadaan barang inventaris.
    • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung pelayanan.
    • Meningkatkan fasilitas pelayanan umum dan operasional termasuk pengadaan, perbaikan dan perawatan gedung dan peralatan.
  • Peningkatan Disiplin Aparatur
    • Pengadaan Pakaian Dinas dan Pakaian Khusus dan Hari-hari tertentu.
  • Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
    • Orientasi CPNS dan Sosialisasi Aturan Perundang-undangan untuk peningkatan Pemahaman Aparat terhadap peraturan kepegawaian    .
  • Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja
    • Menyusun Laporan Keuangan yang terukur dan transparan.
    • Menyusun Rencana Kerja Sampai pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran.
    • Menyusun dan analisa data kepegawaian.

B.    PROGRAM DAN KEGIATAN LINTAS SKPD

Program dan kegiatan pada Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa yang menjadi lintas satuan kerja perangkat daerah yang selama ini adalah :

  1. Proram Pendidikan Kedinasan:
    1. Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis.
    2. Pelaksanaan Diklat Penjenjangan Struktural (Diklat PIM IV dan III)
    3. Pengiriman utusan mengikuti Diklat Penjenjangan Struktural Tk. II
    4. Seleksi /Penerimaan STPDN / STKS.
  2. Program Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur.
    1. Pelaksanaan Diklat Prajabatan
    2. Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional
  3. Program Pembinaan dan Pengembangan Aparatur  :
    1. Penyusunan Rencana Pembinaan Karir PNS.
    2. Seleksi, Pengangkatan dan Penempatan menjadi CPNS.
    3. Pembangunan/ Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian.
    4. Penghargaan bagi PNS yang berprestasi.
    5. Proses Pengolahan administrasi izin belajar dan penanganan kasus-kasus disiplin PNS.
    6. Pemberhentian dan Pensiun.
    7. Penyelenggaraan Bimtek Tata Naskah Dinas.
    8. Memonitoring, mengevaluasi dan melaporan realisasi kegiatan.
    9. Hal-hal lain yang terkait Tupoksi Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa.

C.    PROGRAM DAN KEGIATAN KEWILAYAHAN

Dari program-program yang telah kami kemukakan diatas, maka ditetapkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2010-2015 dan bahkan pada satu tahun transisi pada Tahun 2010 sebagai berikut :

  1. Penyediaan surat menyurat
  2. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
  3. Penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional
  4. Penyediaan jasa administrasi keuangan
  5. Penyediaan alat tulis kantor
  6. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
  7. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
  8. Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor
  9. Pengadaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan
  10. Penyediaan makanan dan minuman
  11. Rapat- rapat koordinasi
  12. Pengadaan perlengkapan gedung kantor
  13. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  14. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
  15. Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor
  16. Penyediaan pakaian dinas beserta perlengkapannya
  17. Orientasi/sosialisasi CPNS
  18. Sosialisasi peraturan perundang-undangan
  19. Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD
  20. Penyusunan Renstra, Renja, Rancangan Anggaran, Dokumen Anggaran dan Perubahan Anggaran.
  21. Penyusunan pelaporan keuangan semesteran
  22. Penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun,
  23. Penyusunan Lakip.
  24. Penyusunan data dan analisis data kepegawaian serta pemeliharaan jaringan data kepegawaian.
  25. Pendidikan dan Pelatihan Teknis,  Menyelenggarakan Diklat Manajemen Kepegawaian dan Melaksanakan Diklat lainnya sesuai kebutuhan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tupoksi BKD berdasarkan kebutuhan dan kemampuan daerah.
  26. Pendidikan Penjenjangan Struktural, Diklat Pim Tk. III dan IV dan utusan peserta diklat Pim Tk. II
  27. Peningkatan Keterampilan dan Profesionalisme, Melaksanakan Pengiriman Peserta Diklat permintaan dari Propinsi dan Pusat sesuai dengan kebutuhan
  28. Pendidikan dan pelatihan prajabatan bagi calon PNS daerah
  29. Melaksanakan Diklat lainnya sesuai kebutuhan, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tupoksi BKDD berdasarkan kebutuhan dan kemampuan daerah.
  30. Penyusunan Rencana Pembinaan Karir,  menyelenggarakan Ujian Penyusuaian Ijazah, Ujian dinas tingkat II dan tingkat III.
  31. Seleksi penerimaan CPNS Daerah
  32. Penempatan PNS
  33. Pembangunan/Pengembangan sistem informasi kepegawaian daerah
  34. Pemberian penghargaan bagi PNS yang berprestasi
  35. Penyelenggaraan penerimaan Praja IPDN dan STKS

Dari program dan kegiatan yang kami gambarkan tersebut, maka secara garis besarnya dapat dilihat pada program matriks lima tahunan  2010-20l5 dan progran tahunan  serta daftar target kinerja tahunan 2010-20l5 SKPD Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa, sebagaimana terlampir dan merupakan satu kesatuan dengan Rencana strategis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *