Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan

A. VISI DAN MISI

Visi adalah pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa harus dibawa dan berkarya agar tetap konsisiten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masyarakat  berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan dalam Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa.

Misi adalah suatu yang harus diemban atau dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa, sesuai visi yang ditetapkan, agar organisasi dapat terlaksana dan berhasil mencapai tujuan yang baik.

Pernyataan visi

Untuk mengantisipasi tantangan dan perkembangan ke depan, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa perlu secara terus menerus memanfaatkan atau menangkap peluang yang ada dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Meningkatnya persaingan tantangan dan tuntutan masayarakat  akan pelayanan prima mendorong Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa perlu mempersiapkan dan berbenah diri agar tetap eksis. Perubahan tersebut dilakukan secara bertahap, terkoordinasi, terencana, konsisten dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dan manfaat.

Visi Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa Tahun 2010-2015 adalah sebagai berikut :

” Terwujudnya Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah Kabupaten Gowa yang handal dan professional melalui penyelenggaraan rekrutmen, pembinaan karir, peningkatan prestasi kerja, disiplin dan  kesejahteraan PNS “.

Visi tersebut diatas didasarkan atas pertimbangan yang menggambarkan totalitas yang akan dicapai Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa dengan penjelasan sebagai berikut :

  • Rekrutmen adalah suatu proses mutasi kepegawaian yang bertujuan menciptakan kaderisasi pegawai secara berkesinambungan sesuai kebutuhan daerah.
  • Pembinaan Karir adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan memberikan pembinaan PNS secara periodik.
  • Prestasi Kerja adalah suatu hasil personal dan kelembagaan yang menunjukkan indicator pelaksanaan tugas.
  • Disiplin adalah suatu proses ketaatan pegawai terhadap hak dan kewajiban yang diemban.
  • Kesejahtaraan adalah bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan.

Proses perumusan misi dilakukan dengan memperhatikan masukan dari pihak yang berkepentingan (stakeholder) dan menangkap peluang untuk melakukan perubahan yang sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang dihadapi.

Adapun Misi Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur.
  2. Meningkatkan Pelaksanaan Manajemen Kepegawaian.
  3. Meningkatkan sarana, prasarana dan laporan.

Penjelasan misi dikaitkan dengan tujuannya adalah sebagai berikut :

Misi 1: Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah perlu dilakukan peningkatan kualitas mental, wawasan dan peningkatan skill.
Misi 2: Meningkatkan Pelaksanaan Manajemen di bidang Kepegawaian dan Diklat Daerah dan peningkatan sarana dan prasarana.
Misi 3: Meningkatkan sarana, parasarana dan laporan.

B.    TUJUAN

Tujuan adalah merupakan implementasi atau penjabaran dari misi dan merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun ke depan. Tujuan bersifat idealistis dan mempunyai jangkauan ke depaan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa, menetapkan tujuan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur .
  2. Mewujudkan peningkatan pelayanan administrasi kepada PNS serta data kepegawaian yang akurat.
  3. Mewujudkan peningkatan sarana, prasarana dan laporan

C.    SASARAN

Sasaran yang akan dituju adalah :

  1. Terwujudnya peningkatan sumber daya, kinerja, profesionalisme serta disiplin Aparat Pemerintah Daerah.
  2. Terwujudnya pengelolaan administrasi dan data kepegawaian yang akurat.
  3. Terwudnya sarana, prasarana dan pelaporan.

D.    STRATEGI

Untuk mencapai hasil yang konsisiten dengan visi dan misi yang telah ditetapkan diperlukan suatu strategi organisasi yang menjelaskan pemikiran-pemikiran secara konseptual, analitis, realistis, rasional, dan komprehensif tentang berbagai langkah yang diperlukan untuk mencapai atau untuk memperlancar / mempercepat pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

E.    KEBIJAKAN

  1. Menyiapkan ketersediaan sumber daya Aparatur Pemerintah Daerah yang berkualitas, profesional, melalui pengembangan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah berdasarkan  kompetensi dan kebutuhan daerah.
  2. Meningkatkan ketersediaan data yang akurat dan berkualitas serta peningkatan transparansi, partisipasi dan mutu pelayanan melalui peningkatan akses dan  sebaran informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *